Tanggamus Pecahkan MURI Minum Kopi Bersama

Tanggamus.go.id – Kota Agung, 15 April 2012 –  Kabupaten Tanggamus  telah berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan minum Kopi Khas daerah Bumi Begawi Jejama ini.

Kegiatan minum kopi tersebut  di laksanakan di Taman Kota Ir. Soekaro Kota Agung, pada hari Minggu Pagi (15/4) Pukul 06.30 WIB. Serta diikuti oleh sekitar 43.030  peserta yang berasal dari seluruh Jajaran Pemda Tanggamus, lapisan masyarakat, serta ribuan siswa-siswi sekolah.

Hi. Bambang Kurniawan, ST., Bupati Tanggamus dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahkan ia bangga Kabupaten yang di pimpinnya bisa memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan meminum Kopi khas daerah Tersebut.

Beliau menambahkan, kedepan agar kegiatan serupa yang bersifat inovasi seperti ini dapat terus dilanjutkan, apa lagi menggali potensi  yang ada, untuk di promosikan ke daerah lain, seperti Hasil Pruduksi Bubuk Kopi Khas Tanggamus.

Bupati melanjutkan, Tanggamus memiliki potensi yang banyak salah satunya adalah penghasil buah Kopi Unggulan. Diantaranya yaitu Penghasil Produk Kopi Bubuk Kuyung Arang yang berasal dari Biji Kopi Alami dengan proses dari pembibitan hingga produksi tidak menggunakan bahan kimia.

“Perlu masyarakat ketahui bahwa bubuk Kopi tersebut telah di Lounching oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Syarif  Hasan beberapa waktu yang lalu, dan banyak jenis Bubuk Kopi Unggulan lainnya yang ada di Kabupaten ini.” Ujar Bupati.

Deputi Manager MURI Damian Awan Rahargo mengatakan, ada beberapa syarat yang dilakukan untuk bisa mencatat rekor MURI diantaranya yaitu Unik, Langka dan Superlatif. Sebelunya MURI juga pernah mencatat kegiatan serupa dimana pada tahun 2007 Kabupaten Pringsewu telah berhasil memecahkan Rekor MURI minum kopi bareng sebanyak 15 ribu peserta.

Kemudian Rekor MURI minum kopi bareng dipecahkan oleh Provinsi Bangka Balitung Kabupaten Manggar  dengan jumlah peserta 17 ribu peserta,  pemecahan Rekor MURI Minum Kopi kembali lagi ke daerah asalnya yaitu Provinsi Lampung pada tahun 2011  dengan jumlah  25.664 peserta.

Ia melanjutkan, pada hari ini, Minggu (15/4),  dalam rangka HUT KE-6 Harian Radar Tanggamus, juga menyambut Festival Teluk Semaka V 2012, Kabupaten Tanggamus telah berhasil memecahkan Rekor MURI Minum Kopi Bareng dengan jumlah peserta 43.030 peserta.

“Dengan demikian  Kabupaten Tanggamus telah berhasil mengulang dan memperbaiki rekor MURI dengan peserta yang lebih banyak dari kegiatan yang pernah dilakukan oleh Kabupaten, Provinsi lain di Indonesia, “ Pungkas Damian.

Sementar itu, Deputi General Manager Radar Tanggamus, Drs. Hi. Tohiri Alam mengatakan, pemecahan rekor MURI minum kopi serentak  itu merupakan rangkaian acara HUT Radar Tanggamus ke-6 dan rangkaian Festival Teluk Semaka V Tahun 2012.

“Setelah acara pemecahan rekor MURI, peserta juga akan mengikuti rangkaian acara Jalan Sehat Radar Tanggamus, “ Kata Hi. Tohiri.

Dikatakannya, kegiatan Jalan Sehat Radar Tanggamus di sediakan hadiah dua unit Sepeda Motor, dua Kulkas, dua Televisi dan puluhan door prize lainnya. “Antusias masyarakat Tanggamus sangat tinggi terhadap kegiatan ini, terbukti sekitar 43.030 masyarakat memadati Taman Kota dalam rangka memeriahkan acara tersebut, dimana peserta melebihi target yang sebelumnya 40 ribu peserta, “ Pungkasnya.

Hi. Tohiri menambahkan kegiatan ini juga dibarengi dengan Lounching Koran Harian Group Jawa Post yaitu Lampung News Paper. Tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0424 Let.Kol Inf. Parada Siringoringo,  Ketua TP. PKK Kabupaten Tanggamus Ny. Hj. Dewi Handajani Bambang, SE., MM., Sekda Ir. Gunawan T. Wiyatna, MM., para Kepala Dinas, serta pejabat di Lingkungan Pemda Tanggamus.(*)

Penulis: Firmansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *