Mari Minum Kopi Negeri Sendiri

Selain kebutuhan, kopi adalah bagian dari gaya hidup. Berawal dari maraknya kedai kopi franchise pada awal 2000-an di Indonesia, saat itu di kedai kopi waralaba tak hanya kopi lokal yang ditemukan. Kopi impor pun mudah ditemui dalam bentuk kemasan.

Kini masyarakat kota yang gemar minum kopi di kafe sudah mempunyai pilihan lain. Mereka mulai berlomba meracik kopi lokal agar sama kerennya dengan kopi impor. Budaya warung kopi masih mengakar pada masyarakat Indonesia yang gemar mengobrol.

Saat ini para pengunjung kaffe yang datang untuk ngopi lebih fokus pada kegiatan mengobrol, bekerja, atau menghabiskan waktu. Bukan untuk mengenal lebih jauh tentang minuman yang tersaji di hadapannya.

Tidak banyak orang tahu bahwa Indonesia sebenarnya memiliki jenis-jenis kopi yang dahsyat. Mulai dari rasa, aroma, dan kualitasnya.

Tanah vulkanis yang ada di Indonesia, menyebabkan biji-biji kopi yang tumbuh di nusantara memiliki variasi rasa dan aroma yang tidak bisa direplika di negara lain. Misalnya, Kopi Lampung terkenal memiliki rasa rempah, kopi Papua memiliki aroma khas gula merah, dan kopi Bali mempunyai sentuhan rasa lime saat disesap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *