Mengintip Lumba-lumba di Teluk Kiluan

Kota Agung – Teluk Kiluan, tempat menyimpan keindahan yang tiada tara, serta keunikan yang membuat orang menjadi tergila-gila untuk selalu datang dan datang kembali ke tempat yang cukup terpencil ini, namum menjanjikan, ketenangan dan kenyamanan bagi yang berkunjung ke tempat ini.

Teluk Kiluan - Tanggamus
Teluk Kiluan – Tanggamus

Tempat ini merupakan laut lepas yang berbatasn dengan Samudra Hindia ini menyimpan keunikan yang jarang ditemukan di tempat lainnya, seperti adanya antraksi lumba-lumba, yang jumlahnya mencapai ratusan ekor.

Untuk dapat melihat dari dekat, keakraban lumba-lumba ini dengan manusia kita harus melihat pada saat pagi hari, sebelum matahari terasa begitu menyengat. Karena lumba-lumba kurang suka denan cuaca yang cukup menyengat.

Ketika perahu kita memasuki perairan tempat mereka berkumpul, maka dengan seketika mereka memburu perahu yang datang, seakan menyambut kedatangan pengunjung yang datang ke istana mereka. Inilah atraksi lumba-lumba yang hanya dapat dinikmati di alam bebas Teluk Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Lumba-lumba di Teluk Kiluan - Tanggamus
Lumba-lumba di Teluk Kiluan – Tanggamus

Lumba-lumba yang ada di Teluk Kiluan mempunyai dua jenis. Jenis yang pertama adalah lumba-lumba berbadan besar dengan tubuh berwarna abu-abu dan sifatnya sedikit pemalu, dan lumba ini dikenal dengan lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates). Sedangkan yang lainnya adalah lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris), yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat.

Teluk Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 71 kilometer dari Bandar Lampung atau sekitar 60 kilometer dari Kota Agung (Ibu Kota Kabupaten Tanggamus). namun untuk mencapai ketempat ini memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Teluk Kiluan ini dapat dicapai dalam waktu tiga jam. Sedangkan dana untuk cartater perahu motor dari Telukbetung (dermaga Puri Gading) ke Teluk Kiluan berkisar Rp. 3.000.000,- perhari,’’ jelas Maimun selaku pengelola objek wisata di Teluk Kiluan.

“Ditempat ini juga tersedia berbagai jenis cottage, sehingga bagi yang ingin bermalam disini tidak perlu lagi merasa khawatir. Suasana malam di sini juga cukup meriah, karena banyak wisatawan yang memanfaatkan suasana malam di pinggir pantai, yang pasir putih bersih dan terhampar luas, sambil mendengarkan deburan ombak yang menerpa pantai. Harga sewa cottage tergantung besarnya ukuran, mulai dari harga sewa Rp. 150.000,- permalam sampai dengan harga Rp. 300.000,- per malamnya tersedia di tempat ini,” Tambah Maimun menjelaskan.

(Sumber Majalah Promo Wisata)

(Foto dikutip dari http://www.tanggamus.go.id/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *