MokaPot, membuat kopi jadi lebih nikmat

Moka_Animation

Beberapa waktu yang lalu, kira sudah setahun yang lalu, aku membawa alat ini ke kampung halaman, aku mengenalkan alat ini kepada orang tua, mereka agak sedikit bingung dengan alat ini, untuk apa itu? lalu aku pun bercerita kalau alat ini untuk membuat kopi biar terasa lebih nikmat, seperti bapak langsung minta di bikinin, dia mau tau seperti apa proses dan hasil akhirnya, maklumlah dia adalah petani kopi yang selama ini hanya membuat kopi dari air mendidih.

Hampir semua petani kopi di kampungku membuat kopi dengan cara di seduh menggunakan air panas yang telah mendidih, atau kopi di rebus bersama air sampai mendidih jika tak mau dapat ampasnya.

yah alat ini memang alat yang terbilang kuno, dari segi telnologi, tapi bagi orang orang di kampung saya yang pada umumnya adalah petani kopi. alat ini adalah alat yang baru mereka lihat.

tak lama kemudian, aku pun mulai membuat kopi dengan mokapot. mereka agak bingung, juga karena saya taruh airnya di bawah dan kemudian saya taruh bubuk kopinnya di tengah.

kira kira setengah jam mulailah air dalam mokapot mendidih, yang kemudian air mulai naik mengisi tempat yang diatasnya dengan melewati kopi. woww.. wanginya kopi lampung mulai tercium, mereka bergantian melihat proses naiknya air dari bawah ke atas.

senang rasanya membuatkan minuman kopi yang tak biasa mereka buat. mereka menikmatinya, mereka bilang rasanya kental, rasa kopinya sungguh berasam seperti ada rasa kacang dan coklatnya.

yah kopi lampung kami memang agak seperti ada coklatnya, karena mungkin tumbuh di antara pohon kakau kali yaa